Selasa, 10 September 2013

Cara Menjadi Operator Alat Berat Profesional

Kalimantan merupakan salah tujuan utama bagi para pencari kerja, terutama orang-orang yang memiliki skill di alat berat karena disana banyak proyek-proyek besar dibidang pertambangan. Mulai dari sopir, mekanik, operator alat berat, dan semua pemilik keahlian sejenisnya. 

Saat ini saya ingin sedikit curhat kepada para pembaca Saya keluar dari perusahaan tempat saya bekerja di daerah saya dengan alasan masalah kesehatan karena saya butuh istirahat untuk pemulihan kesehatan saya disebabkan cidera ringan ( syaraf tulang punggung terjepit) . Sesuai saran dokter spesialis syaraf Katanya, saya tidak boleh kerja terlalu banyak terkena getaran. 

Setelah 5 bulan nganggur, dokter mengijinkan saya untuk kembali  bekerja seperti sedia kala. Kemudian saya mau mencoba melamar di beberapa perusahaan pertambangan khususnya didaerah tempat tinggal saya Kutai Barat

Selama nganggur rasanya sudah sumpek karena setiap hari hanya pengeluaran terus tanpa ada pemasukan. Mencoba kerja di internet agar bisa berkumpul keluarga tapi ternyata gagal terus alias belum nampak-nampak juga hasilnya (duitnya).

Akhirnya saya berpikir ingin kerja di luar daerah saja menyusul abang. Kebetulan dia juga berprofesi seperti saya, yaitu sebagai operator HD (Hault Dump). Mudah-mudahan saya bisa kerasan disana agar bisa tenang hatiku. 

Saat menulis ini, saya sedang menunggu panggilan dari abang saya yang katanya tidak lama lagi saya disuruh berangkat, ada job baru. Tapi mudah-mudahan jangan cepat-cepat dulu deh, 

Tapi kalau terlalu lama nganggur juga kasihan anak istri dan ortu nantinya, takut dapurnya tidak berasap. Yaah... mudah-mudahan saya tidak lupa bawa HD, itu saja dulu doa saya. Yang lain menyusul.

Terimakasih para pembaca, mohon maaf kalau saya telah curhat tanpa ijin sebelumnya. Udah curhat masih nampang lagi.


coba nampang .tcom

Saran:
Jika anda bekerja dimanapun, jangan lupa bikin foto sebanyak2nya untuk kenang2an kelak. Belilah kamera yang khusus digunakan mengabadikan perjalanan karir anda.

Tips Menjadi Operator Alat Berat Profesional

Operator alat berat adalah orang yang memiliki keterampilan atau keahlian khusus dalam bidang mengoperasikan alat-alat berat seperti excavator, bulldozer, wheel loader, mobile crane, dkk. Operator alat berat bertugas menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan berat dengan menggunakan peralatan berat yang tidak bisa dilakukan oleh manusia. Oleh karena itu operator alat berat harus kuat dan tangguh agar bisa diandalkan. Untuk menjadi operator alat berat yang handal, seorang operator alat berat harus memiliki pedoman dasar, yaitu ketahanan fisik dan mental serta teknik operasional yang memadai.

Mental:


  1. Harus berani dan percaya diri. Katakanlah dengan tegas kepada diri sendiri bahwa "Aku bisa". Tanpa rasa berani dan percaya diri, maka semua kecerdasan yang dimiliki akan terpendam atau hilang.
  2. Harus terus belajar dan belajar untuk mengasah keahlian agar semakin sempurna. Tanpa keinginan untuk terus belajar, maka keahlian akan mentok sampai disitu saja.
  3. Jangan merasa pandai. Jika merasa dirinya pandai, maka akan malu bertanya sehingga tidak bisa menyerap tambahan ilmu dari luar.

Fisik:


  1. Gunakan pola makan yang sehat. Makan yang bergizi dan teratur serta tepat pada waktunya. Tanpa pola makan yang sehat tubuh akan lesu, kurang bergairah dan mudah sakit.
  2. Hindari mengkonsumsi makanan/minuman maupun penggunaan segala bahan-bahan yang merugikan kesehatan. Tanpa menghindari hal-hal yang merugikan kesehatan, maka tubuh kita tidak akan bisa diandalkan.
  3. Istirahat yang cukup. Atur waktu sebaik mungkin dari semua aktivitas agar tidur/istirahat bisa sempurna. Tanpa istirahat yang sempurna maka tenaga tidak akan bisa maksimal.

Teknik Operasional:


  • Utamakan keselamatan kerja. Safety is the first. Dengan mengutamakan keselamatan selama bekerja, maka sukses akan menyusul. Jika mengabaikan keselamatan kerja, maka celaka hanya tinggal menunggu waktu.
  • Kerjasama team. Selesaikan tugas secara bersama-sama dalam sebuah team dan lakukan kerjasama team yang baik selama bekerja. Dengan kerjasama team yang baik maka akan menghasilkan nilai tambah. 1+1=3.
  • Fokus pada hasil dan kerja bukan formalitas. Kerjakan tugas dengan memikirkan hasilnya, jangan hanya berpemikiran bahwa yang penting telah melaksanakan perintah atasan tapi hasil tidak dipikirkan.
  • Jika anda bisa menerapkan tiga pedoman dasar di atas, maka anda adalah operator alat berat yang hebat. Bagaimana menurut anda? Silakan tulis di kolom komentar sekarang juga...

20 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. mantab sharingnya pak.. saya juga punya blog untuk sharing tentang alat berat lagi bisa di sini

    terima kasih

    BalasHapus
  3. Mantap, mampir ya ke alatberatkita.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Mantap, mampir ya ke alatberatkita.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Mantap, mampir ya ke alatberatkita.blogspot.com

    BalasHapus
  6. maaf mau tanya gan, bagaemana cara mnjadi operator alat pc besar sprti 2000,4000,6000 dipertambangan, saya operator excavator tpi cma smpe pc 500. itupun bkan diprtambangan tpi di proyek,
    trimksih... :)

    BalasHapus
  7. pak,ada loker buat alat berat excavator ,saya bisa mengoperasikan pc 800 di saya sempat kerja ditambang kutai barat tetapi sekarang habis kontrak dan ingin mencari lagi.terima kasih

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. saya tdk pengalaman tapi saya ingin sekali jadi operator excavator tempat pelatihan untuk pemula di sulawesi utara dimna ya??

    BalasHapus
  10. Mf mo nanya,utk Balikpapan kaltim tempat pelatihan alat berat excavator,ad gk y,soalx aq ingin jd operator excavator, lagian aku cuma lulusan SMP za krna ortuku gk sanggup.mks

    BalasHapus
  11. Gk ada yg di blas komentarnya..mungkin admin sibuk..pdahal bnyk bngt yg mo sy tnyakan..

    BalasHapus
  12. Kalau mau pelatihan dimana pak. Saya tidak ad basic op crane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kenek atau helper cren dulu mas. Baru bisa , klau pelatihn gak ada.

      Hapus
  13. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
    syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






    BalasHapus
  14. Saya minat jdi operator apakah ada pelatihnnya ya pak area kediri

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum semuanya
    Mau nanya nih adagak yg bisa bantu cari lowongan kerja nih untuk operator alat berat excavator udah lama nganggur udah dari kursus sama trening tapi blom ad tempat untuk bekerja tolong bantuh carikan info kan untuk membantu orang tua cari nafkah makasih kalau ad yang respon
    Assalamu'alaikum

    BalasHapus
  16. Assallamualaikum abang abang, motivasi dong bang buat saya gimana caranya menjadi kaya abang abang ni,, syaa lulusan smk bidang otomotif.. Dan saya perempuan baik nya gimana bang dan harus gimana saya kepengen jadi operator banh

    BalasHapus
  17. Assallamualaikum abang2,motivasi dong buat sy bang terutama sy perempuan nih kepengen jadi abang2 yg sdh berpengalam jdi operator... Sy lulusan bidang otomotif.. Baik nya gimana bang.. Sy harus kurshus dulu atau gimana bang? Mohon di balas yaa bang 🙏🙏🙏

    BalasHapus