Selasa, 10 September 2013

Operator Alat Berat Paling Populer di Indonesia

Operator alat berat adalah orang yang bertugas mengemudikan peralatan berat seperti excavator, bulldozer, wheel loader, motor grader, crane dan kendaraan-kendaraan raksasa di pertambangan. Pada saat ini operator alat-alat berat paling populer di Indonesia di dominasi oleh operator Haul Dumptruck (HD), yaitu kendaraan raksasa bak terbuka yang digunakan untuk memuat material tambang yang mampu beroperasi di medan berat. Haul Dumptruck terbesar di Indonesia adalah HD 793 dan hanya ada di PT. Freeport Indonesia Incorporated.
Gambar/Foto HD 793 Modified

Operator HD-785 saat ini menempati posisi sebagai operator dengan jumlah terbanyak di Indonesia untuk klasifikasi pertambangan.

Misalnya, untuk memenuhi kebutuhan operasional PT. KPC (Kaltim Prima Coal) di Kalimantan saja paling tidak memerlukan 3.000 personil operator HD profesional untuk mengoperasikan lebih dari 1.000 unit HD-785. Dimana KPC sebagai perusahaan kontraktor yang menangani tambang batubara terbesar di dunia yang berlokasi di kabupaten Sangatta, Kalimantan Timur, Indonesia.

Belum lagi operator HD lainnya yang bertugas di PT.Freeport Indonesia, PT.Newmont Nusa Tenggara serta berbagai perusahaan lainnya yang beroperasi di tambang-tambang raksasa di Indonesia.

KPC didirikan di Indonesia pada tahun 1982 setelah memenangkan lelang tender yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1978 untuk eksplorasi dan pengembangan sumber daya batubara di area seluas 7.900 km persegi di dua blok yang memanjang 300 km di Kalimantar timur dan selatan.

Kemudian pada tahun 1988 perusahaan ini memutuskan untuk melanjutkan pengembangan tambang ekspor batubara berkualitas tinggi dengan kapasitas 7 juta ton pertahun.
Kini KPC mendominasi peralatan berat di atas pulau Borneo dengan lebih dari 1.000 unit HD-785 beserta peralatan berat super jumbo lainnya dan merupakan penambang batubara terbesar di Indonesia setelah PT. Pama Persada Nusantara.

Kedua perusahaan raksasa penambang ini, terutama PT. Pama Persada Nusantara setiap tahun merekrut ribuan pelajar lulus sekolah untuk dijadikan operator HD-785 yang profesional dan handal di medan tugas.

10 komentar:

  1. Saya punya keinginan tuk jd operator HD,gmn caranya dan dmn ikut kursusnya

    BalasHapus
  2. Saya punya keinginan tuk jd operator HD,gmn caranya dan dmn ikut kursusnya

    BalasHapus
  3. Dimana tempat kursus hd komadsu pak

    BalasHapus
  4. http://pelatihanalatberat.com/

    BalasHapus
  5. Saya berkeinginan menjadi opr hd dimna ya bisa kursus.

    BalasHapus
  6. Saya ingin menjadi opr hd,,dmna kursusnya

    BalasHapus
  7. Dimana saya bisa dapatkan tempat kursus operator HD??

    BalasHapus
  8. Saya berkeinginan untuk belajar opetator hd.di mn ya..?

    BalasHapus